18.9.13

Ressurection

Well,,i just got this app on my smartphone,,i read my old posts,,and i finally realized that i love blogging.. :)))

it's been so long yak,,trakir blogging taun 2011,,and now 2013's almost over.. -.-"
banyak hal yg sudah dilalui,,banyak ha yg pgn diceritakan,,tapi ngga sekarang......

Soalnya saya ngantuk..

17.6.11

Me and My Trip to Karimun Jawa

yay i'm back,,kali ini tidak dengan ke-BT-an apapun melainkan kesenangan tiada tara *apadeh* -.-"

jadi beberapa hari lalu,,sekitar tgl10-15 juni,, saya (yang pada waktu itu menderita stress tingkat kotamadya) dan beberapa adek angkatan ikut tur Karimun Jawa,, sangat2 dadakan karena tanpa direncanakan (hari ini ngobrol iseng "yuk ke karimun yuk" langsung browsing + ngaskus cari paketan backpacker murah,, langsung calling travel-nya,, transfer,, lusa berangkat) tapi justru disitu seninya,, saya selalu suka sesuatu yg spontan tapi tetep well-planned.. :p

saya berangkat berdua temen (si Bondol) dari Surabaya tgl10, hari jumat siang naek kereta ke semarang, meeting point sama peserta tur lain di pelabuhan Kartini Jepara. Sebenernya bisa kalo mau langsung dari surabaya ke jepara, naek bus dari bungurasih, lupa nama busnya, apa Indonesia gitu kalo ngga salah, yg jelas cuman ada 1x pemberangkatan tiap hari, jm 9 malem. Cuman karena ada temen2 Bondol dari Jogja yang juga ikut dan mau jemput kita di Semarang, jadi yaudahlahya.
Kereta Sby - Smg berangkat jam 2 siang dan nyampe jam 7 malem, di Semarang saya dan Bondol mampir dulu kerumah temen di daerah UNDIP, lumayan bisa tidur2 sebentar. Dua temen yg laen berangkat dari Jogja jam 1 malem nyampe Semarang sekitar jam 3-an, sambil masih kriyep2 berangkatlah kami ke Jepara.

Nyampe di Jepara jam 6 pagi, kepagian, karena jadwal meeting point-nya jam 7 dan kapal berangkat jam 9, pelabuhan masih sepi dan dingiiiiin banget, tapi jangan kuatir karena ada beberapa warung yg sediain sarapan buat yg kelaperan ato sekedar menghangatkan badan.
Oiya, buat yg bawa mobil ke pelabuhan bisa dititipin di warung depan, tarifnya 50rb sehari (4 hari ? tetep 50rb juga ! fixed price lah.. :p). Temen saya 1 lagi (namanya Ima) udah di pelabuhan dari jam 4 pagi, kepagian berangkat dari Jogjanya.
Ngga lama TL (tour leader)-nya sms saya, namanya Feri, jelas kebayang laki dunk, kita janjian ketemuan dan ngumpul sama peserta lain, udah SMS-an pake "mas2" pas ketemu lhah kok cewek ternyata.. -.-" Mbak Feri ini baeeek banget dan talkative tentunya.

KM Muria siap berangkat

Selanjutnya kami ketemuan sama 11 orang peserta tur lainnya, dan hampir semuanya cewek, peserta cowok cuman barengan kita (Micho + Kuntul) dan 1 peserta single fighter dari Bandung, namanya Ijal, baru lulus SMA, umuuuuuuuuur 17, yang selanjutnya ada di foto2 di bawah.

Setelah tiket dibagiin jam 7 pagi, sebenernya kita sudah bisa masuk kapal, cuman emang dasar kita males yak, mikirnya ntr aja, si Bondol Micho Kuntul malah sempet keluar dulu cari sarapan sementara 10 peserta laen udah naek.

ini tiketnya (tapi tiket balik)
Dan kita naek menjelang kapal berangkat, jelas ngga kebagian tempat di tengah yg berkursi dong, akhirnya kita nyoba ke atas sendiri, bener luas, dan terpapar sinar matahari, kita mikir kalo sejam dua jam oke lah, nah ini perjalanan 6 jam dimulai dari jam 9 pagi, mau jadi ikan asin ?! Akhirnya kita memutuskan buat pindah ke dek bawah, campur sama pedangang2 yang bawa sayur, kerdus, dll dari Jepara pluuuus truk, mobil, motor dll.. -.-" sewa tiker 5rb buat alas.

* PESAN : LANGSUNG NAEK KAPAL AJA NGGA USAH NUNDA2 BIAR DAPET SPOT ENAK BUAT TIDUR, 6 JAM NGGA SEBENTAR, JENDRAL !!!

posisi tidur yg ngga enak + daun bawang ;p
Perjalanan berangkat diisi dengan tidur, ngemil, tidur lagi,, dibilang ngga nyaman iya sangat karena spot kita ngga enak jadi ngga bisa tidur telentang, tidur sambil duduk ditemenin daun bawang agak absurd memang, apalagi buat yg mabuk laut. Kasian juga liat Bondol sama Ima yg udah keliatan BT banget. Dan itulah "bekal" untuk perjalanan pulang dan perjalanan selanjutnya.. Well, we can always learn from experience.. :p

ini keadaan di dek, rame kan..
Jam 3 sore (akhirnya) kita sampai di pelabuhan Karimun Jawa, kecil pelabuhannya dan di kejauhan keliatan pegunungan (ato bukit ?) hijau.

Jemputan minivan datang dan mengantar kami ke homestay (penginepan) yang sebenernya sambil jalan kaki pun nyampe lha wong deket banget.
Homestay ini sebenernya adalah rumah2 penduduk (iyalah kan kita ambil paket backpacker, jadi jangan harap dapet kamar hotel dengan berbagai fasilitasnya) yang kamarnya disewakan (tarifnya mulai 20rb/hari). Di kamar cuman ada kasur, tanpa lemari, dan kamar mandi luar gantian sama peserta lain. Buat saya sih homestay ini nyaman2 aja, iya untungnya saya tipikal orang yg ngga pernah mempermasalahkan tidur, mandi, makan dan apapun..
Di bagian depan rumah ada kursi2 malas buat santai, enak banget kursinya sampe2 si Ima pengen bawa pulang 1, daaaaan sudah ada es kopyor untuk menyambut kedatangan kita dong, real kopyor, yum yum. :)

Pindang Ikan

Selanjutnya acara bebas, bisa dipake istirahat ato liat sunset di dermaga. Saya dkk telat dateng ke dermaga gara2 kelamaan nunggu si Kuntul mandi, akhirnya ke alun2 lah kami, disana banyak dijual makanan khas KJ, ada bakso ikan ekor kuning sama pindang ikan, baksonya rasanya sama aja kayak bakso ikan biasa pada umumnya, kalo pindang ikan semacam asem2 gitu lah, biasa aja menurut kami.

Hari kedua barulah acara liburan sesungguhnya dimulai, peserta lain bangun pagi2 buta demi liat sunrise, sementara saya, Bondol, Ima, Micho milih tidur aja..
Oiya, di KJ listrik cuman nyala jam 6 sore sampe jam 6 pagi yak jadi jangan sampe lupa charge gadget, kamera, dll. Saya malah bawa kabel sendiri, ya selaen karena gadgetnya banyak, ribet juga kalo rebutan. Selain itu di KJ ini sama sekali ngga ada ATM jadi usahakan bawa cukup duit buat jajan disana..

Jam 8 pagi setelah semua peserta mandi dan siap, kami menuju dermaga untuk memulai perjalanan. Kapal yang mengangkut kita kapal kayu kecil yang biasa dipake nelayan nangkep ikan, jadwal kita hari ini ke pulau2 + snorkeling (yay) + bakar ikan. Dan barulah saya sadar dan merinding liat lautnya yang beniiiiiiiiiiing banget, warna ijo biru dan keliatan dasarnya, banyak ikan2 zebra juga. Duuuuh, susah diungkapkan dengan kata2, liat fotonya aja deh ya.. :p

Kalo nama pulau2 yang dikunjungi saya ngga inget, kita ngga bisa terpatok sama itinerary juga karena tergantung arah angin dan ombak, biarlah bapak nahkoda dan mas2 tour guide yang mengatur.. :D

Perjalanan antar pulau hari itu ngga terlalu jauh, cuman sekitar 10-15 menit, kami dibawa ke spot2 untuk snorkeling, ngga terlalu dalem, cuman sekitar 2-4 meter,,dan aaaaaaaaaaakkkkkkkk beningnya lautnyaaaaaaa. I couldn't stop "wow-ing"..

Awalnya saya masih make pelampung karena ngga seberapa bisa berenang tapi setelah dipikir2 ngga ada salahnya dicoba, toh ada fin dan juga mas2 tour guide, dan YESSS saya pastikan saya sudah (lumayan) bisa berenang, hehe..

Terumbu Karang di KJ emang juara, masih bagus dan alami, emang sih ada beberapa spot yg sedikit rusak, mungkin kena jangkar kapal, but overall, 4 thumbs up !!!
Bagian paling sulit adalah menyelam (pastinya) untuk sesi pemotretan sama terumbu karang, jelas perlu bantuan para TG untuk "ngelelepin" kita karena di laut kita susah tenggelem, ngambang lebih gampang, serius. -.-"

Hasil foto emang ngga terlalu bagus karena kamera yg dipake bukan underwater kamera tapi digicam biasa yg pake waterproof case, tapi dengan sedikit editan hasilnya bisa diliat di bawah.. :p

Setelah snorkeling sesi pertama hari itu, kira2 satu setengah jam-an, kita balik ke kapal dan menuju salah satu pulau di sekitar situ (ngga hafal namanya), pasirnya putih dengan gradasi warna air laut yg keliatan nyata, cuman 1 kalimat yg keluar "God is GREAT".. :)

Sambil nunggu makan siang jadi kami minum degan langsung dari kelapanya, ini ngga gratis yak, 7rb untuk 1 kelapa, hehe..

Lumayan lama nunggu ikan bakarnya mateng karena harus siapin bakarannya dulu pake sabut kelapa dan ikannya gede2 banget, ada ikan tanduk, ikan kakatua, kerapu, kakap, dll. Buat pecinta seafood seperti saya, ini bener2 surga dunia. Dan jangan takut ngga kebagian karena ikannya melimpah ruah, bahkan 1 orang bisa dapet 1 ekor ato lebih.. :)

anak pantai
foto2 nunggu ikan mateng
bagus yak
Makan siang selesai, awalnya kita kira perjalanan hari itu selesai, ternyata belum sodara2, masih ada snorkeling part 2 !!! GOOD !!!

Spot kedua juga ngga terlalu jauh dari pulau, dan terumbu karangnya juga ngga kalah sama yang tadi, tetep indah. Buat yg ngga suka snorkeling ato laut mungkin ada baiknya ngga liburan ke KJ, karena isinya cuman snorkeling, mantai, dan sebangsanya. Dan pasti kulit makin item kebakar matahari. Saya ? jangan tanya ! make sunblock aja cuman sekali pas berangkat. Buat yg sebelumnya udah tau warna kulit saya (yang udah sehitam itu), boleh tambahin 1 level diatasnya. Yup, saya makin item. Item lokomotif dong, tetep dicari, nyahahahah.. *plak*

Another 1,5 hours, dan selanjutnya kita balik ke homestay, yang mau lanjut liat sunset di dermaga boleh, tapi saya, Bondol dan Ima memutuskan langsung balik ke homestay, biar ngga ngantre kamar mandi juga.

Setelah istirahat acara dilanjutkan dengan makan malam dan jalan2 ke toko souvenir. Yang dijual mirip sama di Bali sih, paling gelang, kerajinan kerang, tongkat, kaos. Saya ngga beli apa2 karena selain duit terbatas juga ngga ada yang perlu dioleh2in, dan tentunya karena saya berencana kembali kesana secepatnya. :)

Ngga sampe tengah malem semua peserta sudah tidur, iya pada kecapekan snorkeling kayaknyah.. :)

Hari ketiga, semua peserta tepar, ngga ada yg kebangun liat sunrise, haha. Dan seperti kemaren, perjalanan dimulai jam 8 pagi setelah mandi dan sarapan.
Bedanya hari ini medan yang ditempuh agak berat, perjalanan naek kapal makan waktu sejam-an ditambah ombaknya yg lumayan tinggi, rasanya bener2 kayak naek roller coaster, bahkan 4 peserta (termasuk Ijal) mabok laut dan muntah *ngikik*, Micho + Bondol pun sudah pada kliyengan. Saya, Ima, dan Kuntul santai aja, pusing juga ngga, haha. Dan hari itu juga saya menyadari bahwa saya bebas mabok kalo di laut, seneng banget jelas ! karena tiap naek kapal termasuk berangkat kemaren saya selalu nenggak antimo, dan hari itu terbukti sudah.. :D

Sampai di spot snorkeling beberapa peserta yg mabuk laut tetep tinggal di kapal, termasuk Ijal, padahal hari ketiga ini kata Mbak Feri, terumbu karangnya lebih bagus dari kemaren, dan bener aja, terumbu karang di spot hari ini bener2 warna warni dan ikannya jauuuuuuh lebih banyak !!!

wet

Tetep ada sesi foto bawah air yang dilanjut dengan makan siang (ikan bakar lagi tentunya) di pulau (yang juga ngga kalah bagus sama kemaren) dan snorkeling lagi, hanya kali ini saya memilih bantu mas2 TG-nya bakar2 ikan daripada cuman nunggu. Sengaja pengen ngobrol lebih deket lagi sama mas2-nya, yang dilanjutkan dengan janjian nge-bir bareng nanti malem.
ikan bakar versi mentah

pantainya
us, seeing future.. :p

explore KJ !!!
bye bye beautiful island

Selesai snorkeling sesi 2 hari itu kami menuju tujuan terakhir..........PENANGKARAN HIU !!! *jeng2*

Bondol dan sharks !!! NICE !!!

Tadinya sempet mikir ah paling hiunya kecil2 jadi ngga takutlah kalo nyemplung, dan sesampainya disana agak shock, ternyata hampir segede kita, ya emang ngga ekstrem kayak di film jaws tapi ngeliat gimana itu hiu beringas waktu dilemparin sisa2 ikan bakar agak merinding juga. Awalnya ragu tapiiiiiii hey kita sudah jauh2 kesini !!! Dan si Bondol pun turun duluan, ya aman2 aja sih, cuman rada gondok karena foto saya disini ngga ada yg bagus, underwaternya juga burem, huhu. Ais sempet foto sama tukik juga !!! :D

Me and cute lil tukik
sunset on Kuntu's finger :D
Dan akhirnya perjalanan kami pun berakhir, seneng tapi sedih, kalo mikir kapaaaaan bisa snorkeling lagi. Sampe dermaga, kali ini kami memutuskan nunggu sunset, iyalah, besok sudah ngga disini, dan emang sunsetnya baguuus, well ngga sebagus di Kuta sih, hehe.
sunset di dermaga

kepitingnya :D
Kita juga ditawarin kepiting loooh,, 50rb isi 5 ekor, awalnya kita kira ukuran kecil2, ternyataaaaaaa..........gede2 beneerrr..

Acara malemnya, setelah "ngemil kepiting", lanjut ngabisin 6 botol gede bir bareng mas2 TG, pak Tomo, Mbak Feri, Kuntul Micho Bondol, cerita2 banyak ttg urban legend di KJ sampe istilah2 bahasa jawa tengah dan bandingannya dengan bahasa jawa timur dan batak dan bugis. I'm so happy to know 'em !!!

Keesokan paginya, niatin bangun sepagi2nya demi liat sunrise, kalo kemaren2 yg liat sunrise jalan kaki naik turun gunung kita dianter motor dong, haha. Awalnya sih Mas Sis + Mbak Feri bilang deket kok, ternyata 10 menit perjalanan sodara2, jauh ajaaa, bahkan awalnya kita kira telat dan matahari ngumpet dibalik awan, ternyata ngga, cuman kudu sabar aja ;)

sunrise sunrise

Di deket spot tempat liat sunrise juga ada 2 makam tua, entah makam siapa, kata Mas Sis sih makamnya selalu bersih walopun ngga ada yg jaga, dan yang pasti udah lamaaaaaaa banget, kenapa ? Karena makamnya ada di bawah akar pohon besar, dan sudah pasti makam dulu baru pohon kan. Sayangnya saya ngga ambil foto makamnya, setengah ragu sih, apalagi malemnya abis dengerin urban legend, hehe.

Daaaaaaaaaaaaaaaaaaaannnnnnn akhirnya selesailah liburan kami di KJ, kontak mas2 dan pak Tomo sudah disave, kalo kesana lagi tinggal hubungi mereka, kewl !!!
Karena kami kapok dapet spot ngga nyaman, saya + Bondol buru2 naek ke kapal, dapet tempat di tengah, bisa tidur enak juga pake kasur (oiya yg kasur sewanya 10rb yak). Perjalanan pulang diisi dengan tidur dan ngobrol ngalor ngidul.

Sampe Jepara jam 2 siang dan dilanjutkan dengan pamit2 dan selesai sudah petualangan kami. Lanjut ke Jogja dan naek kereta tengah malem ke Surabaya. Puas. Dan bersyukur.

I'll see y'all on my next trip.. :)

4.5.11

Me and My Themes

Jadi sebenernya entah kenapa hari ini saya lagi pengen pamer dikit tentang "penghidupan" saya,,hehe.. ya mana tau ada yang tertarik boleh lah langsung kontak saya.. :D

some of my themes..

udah ah,,segitu aja,,kalo mau yg banyakan add aja BERRYTHEME CUSTOM ;)