4.9.09

IDOLA DAN 2 SISI MATA UANG (ngga nyambung. .)

tadi barusan ngobrol sama salah 1 temen deket tentang tingkah laku manusia,, yeah me,, u ,, them,, all of us,, yang seluruhnya pasti punya "dua sisi yang berbeda",,
sebeneRnya hal ini bukan hal asing lagi buat saya tapi what i'm tryin to share adalah tentang gimana kita "menerima"-nya,, bukan dari gimana kita ngeliat diri kita sendiri,, tapi gimana kita ngeliat orang lain yang kita idolakan. .

ngebahas soal "2 sisi mata uang",, saya sendiri pastinya juga kaya gitu,, ngga mau munafik lah,, contoh paling simpel,, di depan ortu jelas saya anak baik2 yang penurut,, pendiem,, ngga pernah aneh2,, bla bla bla (well who doesn't ???),, kalo diluar,, ya tetep baek2 juga siy *cross finger*,, hahahah. .

sama hal-nya dengan salah 1 temen deket yang sudah saya anggep kakak sendiri (u know who u are,, miss u so bad my man),,
ngeliat "kelakuan" dia dirumah,, waktu dia masih di surabaya,, mungkin yang ngga kenal dia "in person" bakal bilang dia calon suami dan calon menantu paling baik sedunia,, jumat sebelum jam 6 sore udah dirumah,, gereja rebo sore dan sabtu pagi ngga pernah telat,, acara bareng temen2 gereja yang ngga pernah absen,, ngga ngerokok,, ngga minum,, ngga makan makanan yang dilarang sama agama dia (dalam hal ini babi dan seafood,, what ??? yeah. .),, disuruh ini itu nurut,, dll dsb dst. .
jangan tanya kalo dia sudah diluar,, haha,, saya saksi hidup yang juga kadang ikut "berpartisipasi" dalam keliarannya,, mulai dari yang masih normal kaya maksa dia makan seafood,, hehehe,, sampai yang "abnormal" seperti "ngomongin sesuatu sambil makan cakwe di mobil yang berakhir dengan ngakak". . wanita dan alkohol,, mungkin itu dewa yang dia sembah,, ooops. .

soal kepribadian seperti diatas pasti sudah jamak di khidupan kita semua to ?!! ya iyalah,, temen2 kita bahkan kita sendiri pasti juga bersifat seperti itu,, munafik ? relatif,, indikator relatif dalam hubungan pertemanan pasti sangatlah "blur". . namany temen,, segala sifat masih bisa diterima,, correct me if i'm wrong. .

sekarang pertanyaan selanjutnya adalah kalian punya seseorang yang diidolakan kah ???
public figure,, boleh artis ato penyanyi ato magician ato penulis ato apalah,, just named it. .
apakah yang kalian idolakan dari dia ??? some of u mungkin bakal jawab dia good looking,, suaranya bagus,, dia murah senyum,, dia family man,, dia nasionalis,, dia sakti,, dll. .
kalo kalian tau dari awal dia good looking tapi homo,, bakal ngefans ngga ??? kalo kalian tau dari awal dia family man tapi istrinya banyak,, bakal ngefans ngga ??? kalo kalian tau dari awal dia magician sakti tapi semua yang dilakukannya hanya sekedar trik,, bakal ngefans ngga ??? i bet hampir semua dari kalian bakal bilang "ya nggak Laaaah,, udah tau minus kenapa ngefans ?!" dan sebagian kecil yang lain bakal diem dan manggut2 sambil mikir "iya ya. ."

masalahnya sebenernya disitu,, yang namanya ngefans,, pasti ngeliat hanya hal baik2 yang ditunjukkan oleh idolanya (di depan publik tentunya),, sang idola dianggep dewa sempurna yang dituntut untuk selalu sempurna,, bertingkah laku "baik" di mata penggemarnya,, kalo sampai sedikit aja melenceng,, ngga jarang penggemarnya bakal "pergi". . padahal pada awalnya,, sebenernya kalian ngefans pada "karyanya" dulu kan,, baru orangnya,, ya ngga ??! vokalis yang kebetulan ganteng,, ato aktor-aktris yang kebetulan pasangan serasi. . salah ??? ngga laaaah. . kalo cuman sekedar ganteng,, cari aja di pinggir jalan,, kalo sekedar family man,, kuli2 bangunan juga banyak yang family man kale,, kenapa ngga ngefans sama mereka ?!!
dengan embel2 ngefans maka kita "menggabungkan" antara "karya" dan apa ya,, orangnya,, menjadi 1 paket yang ngga bisa dipisahkan,, si public figure harus sempurna seperti karyanya. .

contoh gampang,, ada tokoh agama yang yaaaaah,, laris dimana2,, ngasih khotbah,, penggemar banyak yang minta nasihat ini itu bla bla bla,, tapi ketika publik "mengendus" (ngga enak ya bahasanya) dan akhirnya terbukti benar kalo si tokoh agama nikah lagi,, langsung semua fans seakan2 menuduh dia sebagai "pendosa" atau apa lah,, juga selentingan ibu2 yang bilang "tokoh agama kok kelakuannya gitu. .",, dan si orang tersebut dlam sekejap kehilangan banyak fans yang awalnya mengagung2kan dia. .

laen cerita si model A,, ganteng,, badannya bagus,, anak2 sampe nenek2 napsu kali kalo liat dia. . dan ketika tiba2 si A bikin pengakuan kalo ternyata dia gay,, langsung aja ngga pake basa-basi pada kabur semua penggemarnya,, seakan2 kalo dia ngga homo bakal mau sama salah 1 fans-nya,, hahaaa,, ngga jugaaaa. .

terus pasangan B dan C,, ngga ada ujan ngga ada angin tiba2 udah ada gugatan cerai di pengadilan,, fans pasangan itu langsung kalang kabut,, kebetulan saya pernah jadi saksi kejadian kaya gitu,, ada yang nangis,, ada yang mohon2 jangan cerai,, bla bla bla. .

hal2 diatas terjadi ngga lain adalah karena ketika kalian ngefans,, kalian lupa kalo sebenernya yang kalian idolakan itu juga sama kaya kalian,, sama2 manusia yang punya hati,, manusia yang punya dua sisi dalam hidupnya,, punya salah,, sama sekali ngga sempurna,, bukan dewa,, bukan malaikat. .

si tokoh agama misalnya,, memangnya kenapa kalo dia kawin lagi ??? istrinya juga ngga ribut. . dia masih bisa kok ngasih ceramah2 agama walopun istrinya banyak,, ngga dosa juga. .
si A,, terus kenapa kalo dia gay ??? ngga boleh ??? model ganteng yang punya banyak fans ngga bole gay ??? peraturan darimana ??? itu kan stigma yang muncul dari para fans sendiri. .
pasangan B dan C,, kalo emang ngga cocok lagi terus ngga boleh pisah ??? ato pake polling penggemar buat menentukan bakal cerai ato nggak ??? ngga pa2 deh dirumah lempar2an pisau asal nurutin maunya penggemar,, gitu ???

fans menganggap sang idola adalah milik mereka,, dengan segala kebaikan yang mutlak,, yang ngga boleh berubah. .
jangan salahkan idola kalo mereka tiba2 berubah,, yang sebelumnya ramah jadi nge-BT-in gara2 sedang ada masalah,, yang sebelumnya murah senyum jadi kayak patung,,
well,, they all also have their own life,, their own problem,, sadarilah itu. .

saya juga punya idola,, dan jujur pada awalnya juga saya ngeliat dia sebagai sosok sempurna,, nasionalis lumayan,, taat agama sangat,,
kenyataannya ??? ngga segitunyaaaaa jugaaaa. . gimana saya tau ??? kalian ngga perlu tau gimana,, anggep aja saya peramal,, hahahha. .
terus,, setelah tau kejelekannya,, masih ngefans ??? masih tuwh. . munafik !!! (itu pikiran kalian kan ???) ngga,, ini beneran. . kaget memang pada awalnya,, karena kejadiannya mungkin akan sama seperti (kembali ke cerita paling awal) kalo misal ada orang yang cuman kenal sahabat saya di rumah terus tau kelakuan sahabat saya di luar rumah. . shock ??? bisa jadi. .

tapi inilah bedanya,, saya berusaha melihat dari 2 sisi,, mencoba menempatkan diri saya pada posisi dia,, memang berat awalnya ketika tau kalo ternyata dia jauh dari sempurna,, tapi lama-kelamaan saya jadi bisa memisahkan,, antara "karya" yang membuat saya ngefans setengah mati dan juga sisi yang sesungguhnya,, yang memang harus diterima,, sebagai manusia,, seperti saya,, seperti kita. .

dari situlah cara saya untuk belajar melihat dia tetap sebagai idola,, saya harap kalian semua juga bisa. .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar